Wednesday 18 January 2012

Waspada "alergi pada bayi / anak"

Semangat pagi...

Hai hai...
Ini mah pagi beneran, mata udah 5 watt, tapi masih worried sama si kecil ku baby Neysa (8m), tengah malem nangis, ngantuk kali yaa, tapimnggak bisa ngantuk... Karena sibuk garuk garuk pipi, telinga, mata..

Gelap gelap, exactly jam 01.30 kok Tumben nih anak gak mau lsg tidur, kasak kusuk, digendong nangis, minum ASI juga ditolak, begitu lampu kamar dinyalakan... Astaghfirullah, wajah baby Neysa bengkak, merah semua... Telinga sebelah kanan bengkak seperti jamur kuping, mata sebelah kiri bengkak sampe gak bisa ngeliat..

Ya Allah, kenapa nih?? Mana qt semua baru pindah ke Batam, daerahnya gak terlalu dekat dengan central kota, nggak ada apotik 24 jam, huaaaa... What have i must to do??
Akhirnya, mau nggak mau hubby kusuruh berangkat cari obat, sedihnya apotik tutup semua, ke klinik, nggak ada dokter jaga, lari ke RS awal bros, gak bisa juga apptiknya kasih obat tanpa resep dokter,, disini dengan penuh perjuangan aku pegang tangan baby Neysa yang ingin sekali menggaruk garuk telinga dan matanya, sedih, nggak tega.. Tapi gimana lagi, kalau nggak dijaga tangan nya, pasti wajah baby Neysa akan malah lebih parah bengkaknya...

Selang 1/2 jam, akhirnya mau juga minum ASI, alhamdulillah langsung tidur lelap jam 2.00 pagi.
Selang beberapa waktu, sekitar jam 7.00, bintik merah di wajah pun mulai berkurang, tapi di sekujur tubuh, masih banyak bentol bentol merah dan daerah mata dan telinga masih bengkak... Berharap mendapat penanganan yang cepat, akhirnya kami berangkat ke rumah sakit terdekat, masuk UGD, kami mendapat referensi lebih baik lsg ke POLI ANAK, dengan asumsi sebentar kok Nunggu nya, karena DSa praktek jam 9.00 pagi. Okelah karena mungkin pikirku cuma 30 menit nunggu apa salahnya lsg ke dokter Spesialis Anak.

Turun ke Lt. Basement, ke bag pendaftaran, dpt no.9 , pasien pertama saat RS buka, hmpph... Dengan harapan jam 9.00 tepat dokter datang, lsg dapat tindakan.... Hiks hiks, sdh nggak tega banget liat my Li'll baby mukanya kaya biz di tonjok orang...

Dengan sabar, mulai ruang tunggu kosong, sampai ruangan tsb penuh... YaAllah, kenapa begini amat sih prosedurnya, masa harus nunggu semua pasien 1-8 dateng baru pegang anakku... And u know lah, ternyata dokter tsb baru mulai praktek di ruangannya jam 10.00, kenapa tdbinfo nya jam 09.00 yaa?? Kalo tau jam 10 yah, pasti aq akan pilih UGD Tadi... Not recomended, Il feel jadinya.. Tapi apa mau dikata, udh terlanjur nunggu, udh waste time... Akhirnya baby Neysa baru Dipanggil jam 10.30.. ITS OK lah, NeXT time jangan sampai terjadi lagi seperti ini, Bad experience.

Masih menunggu obat lagi 30 menit, akhirnya selesai jam 11.30, dan kami langsung pulang...
Maklum lah, kami baru saja pindah ke Batam, dan masih belum tau dimana dimana dimana?? Dokter anak yg bagus :( (Kok jd lagu ayu ting ting) hehehe.

Baru bisa nafas lega setelah bengkak di mata Adek Neysa berkurang, dan bentol merah di sekujur tubuhnya hilang... Alhamdulillah banget yaAllah..
Buat para mommies dirumah, ini pentingnya buat kita tuk lebih waspada mengenai alergi, apapun pencetusnya, Better kita harus sedia obat anti alergi, coz akibatnya bisa fatal kalo sudah telat... Apalagi baby/anak anak yg kena, yg dewasa aja kita suka panik... Kemarin sih aq dapet obat "Histrin" mengandung cetirizine, tuk menghilangkan gejala alergi, dan yang sudah kena alergi.

Alhamdulillah kemarin Selasa pagi, bengkak di mata Adek udh hilang... Bahagianya melihat anakku sudah tidak garuk garuk lagi dan rewel.

Noted :
Bagi yang suka bepergian, jgn lupa perlengkapan obat2 an buat anak2...

Ciri ciri alergi :
- timbul bintik / bercak merah pada kulit, kemudian lama lama jd bentol seperti digigit nyamuk/serangga
- bengkak pada daerah tubuh atau wajah
- gangguan pencerna'an seperti sakit perut (melilit di lambung), atau diare

Better hindari pencetus alergi sperti makanan sea food, atau yg berprotein tinggi

"LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI"

Indahnya berbagi, semoga pengalamanku ini bisa menjadi sebuah cerita yang bermanfaat bagi kita semua..

kesehatan sangat berharga dibanding apapun, karena sakit itu mahal :) hehehe

Happy day's all my Friends (^^,)

2 comments:

  1. Halo salam kenal, boleh tau diagnosis Dokternya ngga? dan obat Histrin itu khusus untuk anak kecil atw boleh untuk dewasa? Makasih..

    ReplyDelete
  2. @San Felizia : waduh, maaf nih saya baru liat comment nya, menurut keterangan Bisa kok untuk dewasa, di keterangan takarannya mulai anak umur 2-5y, 6-11y, 12 s/d dewasa. Sedangkan saat itu anak saya berumur dibawah Setahun, takarannya sesuai resep dokter 0.2cc (2xsehari).

    ReplyDelete