Sunday 2 October 2016

Indahnya Liburan di Pulau Bali

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh...

I'm Happy to be Yours... 

Hai teman-temanku...
Musim liburan sebentar lagi tiba, 

Sebenarnya banyak tempat yang luar biasa di Negara Kepulauan Republik Indonesia ini yang patut dikunjungi. Namun gak usah jauh-jauh, pasti semua tau Bali adalah pulau terindah yang merupakan salah satu tempat incaran para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Nah, yuk kita jalan-jalan sebentar, objek wisata mana aja sih yang wajib dikunjungi di Pulau Bali.

1.       Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana)
Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Ungasan - Jimbaran - Bali. Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.
Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty. ( sumber : wikipedia, picture by @steviesusetyo ).

 



2.    Pantai Pandawa (Nusa Dua)
       Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan objek wisata yang berada di Bali tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung. Pantai Pandawa juga sering dikenal dengan nama Pantai Kutuh, dan kadang juga disebut sebagai pantai rahasia (Secret Beach) karena letaknya berada dibelakang tebing. 
Saat anda menyambangi pantai ini, terdapat tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi dengan semak belukar. Hal yang menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan di Pantai Pandawa adalah dengan pesona pantainya itu sendiri. Keindahan pantai pandawa tidak perlu diragukan lagi, sejak akses jalannya yang telah dimudahkan kini pantai ini sering diramaikan oleh pengunjung, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Suara deru air ombak disertai dengan hamparan pasir putih yang mempesona menjadikan pantai ini layak dijadikan menjadi tempat liburan anda dan juga keluarga. ( sumber : wisata bali, picture : by @steviesusetyo )



3.   Tanah Lot
      Objek Wisata Tanah Lot merupakan tempat wisata populer di bali yang sealu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Lebih tepatnya daerah ini berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jika anda datang dari arah tabanan kurang lebih berjarak 13 km ke arah barat. Jika anda datang dari Bandara Udara Ngurah Rai kurang lebih akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Pura Tanah Lot ini termasuk dalam kategori Pura Kahyangan Jagat di Bali. Pura tanah lot ini dijadikan sebagai tempat untuk memuja dewa penjaga laut. Yang unik ketika anda   akan melihat pura ini seperti berada di tengah laut ketika air laut sedang mengalami pasang.






4.       Bali Turtle Island
    Obyek WIsata Air Tanjung Benoa selain menyediakan Bali watersport, juga menyediakan paket wisata berkunjung ke pulau penyu di Tanjung Benoa dan melihat taman laut lepas pantai. Obyek pulau penyu di Tanjung Benoa, dikelola secara swadaya oleh masyarakat Tanjung Benoa, yang sebelumnya sebagian besar bekerja sebagai nelayan.





5.      Tegalalang Rice Terrace
         Tegalalang, objek wisata pesawahan yang terletak sebelah utara Ubud, kurang lebih 20 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor/mobil. Daerah ini terkenal karena memiliki panorama sawah terasering berpenampilan indah, banyak wisatawan datang dengan tujuan berwisata dari dan ke jalur Kintamani singgah di tempat ini untuk menyaksikan keindahan pemandangan sawah berundak, menghijau serta pohon nyiur terlihat serasi terpadu. Lengkapi agenda tour anda saat menyusun agenda wisata, baik itu kalau diatur oleh biro perjalanan maupun sewa mobil di Bali.





6.       Pura Uluwatu
       Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan pura yang berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung.
Pura yang terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya. Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali pada akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksah atau Ngeluhur di tempat ini. Kata inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu. (sumber : Wikipedia )

Pura Uluwatu terletak pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.
Pura Uluwatu mempunyai beberapa pura pesanakan, yaitu pura yang erat kaitannya dengan pura induk. Pura pesanakan itu yaitu Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Masing-masing pura ini mempunyai kaitan erat dengan Pura Uluwatu, terutama pada hari-hari piodalan-nya. Piodalan di Pura Uluwatu, Pura Bajurit, Pura Pererepan dan Pura Kulat jatuh pada Selasa Kliwon Wuku Medangsia setiap 210 hari. Manifestasi Tuhan yang dipuja di Pura Uluwatu adalah Dewa Rudra.
Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, bahkan even internasional seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.




7.       Jimbaran
         Nah, kalau sudah dekat dengan daerah Garuda Wisnu Kencana, wajib mampir untuk menikmati Sunset dan makan malam diiringi deru ombak yang menerpa di pinggir pantai jimbaran. Dengan aneka makanan khas Seafood segar yang disajikan dalam berbagai rasa, seperti masak saus tiram, saus padang (pedas, asam , manis), dibakar, dan digoreng dengan bumbu spesial. Tak lupa sajian khas Bali, yaitu sayur plecing kangkung dan kacang Bali.

Dan ada satu lagi tempat baru, yaitu rumah makan di atas laut yang dinamakan Rock Bar. Terus terang saya belum pernah kesana, karena saat liburan kemarin, situasi dan kondisi alam sedang tidak bersahabat, yakni musim hujan. Jadi sia-sia kalau ketempat ini tanpa menikmati Sunset Pulau Bali. Karena selain letaknya, wisata yang paling dicari ditempat ini adalah disaat SUNSET.

8.      Oleh-oleh
         Tempat oleh-oleh yang terkenal di Bali adalah :
1.     Krisna, yang sekarang sudah memiliki banyak cabang,
2.  Agung Bali, terletak didaerah Sunset Road Bali, merupakan toko oleh-oleh khas Bali, dengan konsep sama seperti Krisna, akan tetapi kualitas bahan kaosnya lebih tebal sedikit dibanding Krisna, ya pastinya harga agak mahal sedikit (seperti orang bilang, ada harga ada kualitas).
3.   Joger, Kaos jogger adalah pelopor utama oleh-oleh di Bali, dengan kata-kata yang unik pada setiap kaos dan baju-baju, hingga produksi tas, sandal, serta aneka acesories lucu-lucu.
4.   Buat yang mau beli grosiran dan hobby menawar, nah wajib datang ke pasar sukowati, barang-barang sama, tapi kalau pandai menawar, pasti bisa mendapatkan barang yang banyak.
5.   Harum Cakes, Lapis legit khas Bali, yang rasanya enduess banget, dengan kisaran harga  Rp.150.000 – Rp.250.000 per kotaknya.
6.   Pia Susu Enaak, kalau saya sih udah jatuh cinta sama pia susu ini, sampai anakku pun setiap pagi sarapannya minta pia susu. (aduh nak, kalo habis belinya jauh nak…)
7.   Galuh, di daerah galuh juga terdapat took oleh-oleh yang menyediakan berbagai kaos, baju dan kain bahan khas Bali. Kalau nggak salah dekat juga dengan pengrajin perak.


Nah, baru tempat ini yang saya eksplore, sebenarnya ada beberapa tempat lagi yang lupa saya abadikan dalam sebuah foto, masih banyak yang belum saya kunjungi juga. 

Nantikan cerita liburan saya di sini yaa... semoga saya bisa memberikan info-info yang tepat buat para traveler yang suka jalan-jalan dan kuliner ( I Love Cullinary ).

Jangan lupa follow blog saya, dan IG saya di @steviesusetyo.

With Love
Stevie Gustriany, SE.QWP

#financialplanner
#ManajemenAssetSyariah





















2 comments:

  1. Bali, emang selalu jadi pilihan yg menarik untuk menikmati liburan. Hmmm, jadi pengen ke Bali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu liburan jauh-jauh keluar Indonesia, masih banyak obyek wisata di Indonesia yang lebih keren buat di eksplor... mbak @Eri Udiyawati, yuk mbak liburan ke Bali, mumpung lagi ada tiket promo GATF dari garuda.

      Delete